Ide Dekorasi Taman Dalam Rumah Minimalis yang Sejuk

Jika Anda memiliki rumah dengan lahan yang luasnya terbatas, salah satu tips yang bisa Anda terapkan untuk tetap menghadirkan taman adalah menghadirkan sentuhan dekorasi taman dalam rumah minimalis.

Dekorasi Taman Dalam Rumah

Ya, jika selama ini Anda tahu taman identik tata letaknya di luar rumah baik di depan rumah, samping atau belakang rumah. Akan tetapi kali ini kita akan berkreasi dengan sentuhan taman yang berbeda. Salah satu caranya adalah menghadirkan dekorasi taman dalam rumah minimalis.

Interior rumah Anda akan sejuk dengan hadirnya taman didalamnya. Sebagai inspirasi dekorasi, berikut ide yang Anda bisa terapkan untuk mempercantik hunian Anda.

Ide Dekorasi Taman dalam Rumah Minimalis yang Sejuk

Taman dalam rumah minimalis vertical

Taman Vertikal dalam Rumah

Dekorasi taman dalam rumah minimalis yang pertama direkomendasikan untuk Anda adalah model taman dalam rumah minimalis vertikal. Posisinya bisa dibuat menempel di area dinding sehingga tidak akan terlalu banyak menghabiskan banyak ruang dan juga bisa membatasi ruang gerak para penghuni rumah.

Taman yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi dinding. Supaya kesannya lebih terlihat cantik, maka susun tanaman berdasarkan warna. Anda dapat membuat pola seperti garis atau melingkar karena hal tersebut akan membuat taman minimalis dalam rumah Anda terlihat sangat cantik.

Kemudian tambahkan beberapa bunga dengan warna cerah atau bunga – bunga aneka warna di bagian sudutnya. Taman vertikal yang sangat menarik dan indah akan Anda temukan di area dalam rumah atau di area interior rumah Anda.

Taman dalam rumah minimalis dengan konsep taman Jepang

Jika Anda suka sesuatu yang bertema negeri sakura Jepang, maka taman minimalis ini bisa Anda terapkan pada rumah Anda. Dijadikan ide taman dalam rumah karena kebanyakan konsep taman Jepang adalah taman kering sehingga tak butuh terlalu sering menyiram juga dianjurkan.

Anda bisa konsep taman dalam rumah Anda dengan menata kerikil, tanaman kaktus dan area berpasir. Tanaman – tanaman seperti pohon palem atau berbagai tanaman mendukung lain juga bisa Anda hadirkan. Berikan satu atau dua tanaman hijau seperti pohon – pohon kecil dan taman Jepang Anda akan sangat sempurna. Jika memang memungkinkan, Anda bisa menambahkan dekorasi air mancur mungil di bagian tengah taman minimalis Anda.

Taman dalam rumah minimalis dengan sistem hidroponik

Taman Hidroponik

Taman dalam rumah minimalis dengan sistem hidroponik tidak butuh terlalu banyak ruang. Akan tetapi dalam memasang sistem pengairannya perlu usaha ekstra. Taman model ini cocok untuk Anda yang suka bercocok tanam dan memasak dengan hasil tanam sendiri.

Dengan adanya taman minimalis yang menanam aneka ragam tanaman hidroponik, tentu taman dalam rumah minimalis Anda pada akhirnya bisa berfungsi ganda. Bisa mempercantik ruangan dan bisa membantu Anda menyediakan bahan masak alami tanpa perlu keluar rumah pergi ke pasar mencari sayuran.

Beberapa sayuran yang Anda bisa tanam didalam rumah dengan sistem hidroponik diantaranya seperti bayam, tomat, cabai, selada dan berbagai tanaman yang lain.

Taman dalam rumah minimalis semi terbuka

Jika Anda memang memiliki area yang semi terbuka didalam rumah dan berniat Anda jadikan sebagai spot taman dalam rumah, Anda bisa menanam rumput atau pohon – pohonan. Tanaman apapun yang Anda tanam tentu akan tumbuh subur karena mereka mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup dari dalam ruangan sekalipun.

Taman dalam rumah minimalis di area bawah tangga

Taman Area Bawah

Area bawah tangga seringkali terlupakan begitu saja. Hal tersebut karena lokasinya yang kurang strategis dan kurang nyaman. Padahal area ini bisa dimanfaatkan sebagai taman. Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup didalam rumah sebagai taman namun masih ada space di area bawah tangga, Anda bisa menyulapnya sebagai taman daripada tidak terpakai.

Ada baiknya dalam menata taman di area bawah tangga Anda memilih tanaman hijau yang berukuran sedang yang disematkan pada bebatuan. Anda juga bisa menggunakan pot yang dipasang di area dinding. Kemudian tambahkan lampu untuk menerangi taman minimalis dalam rumah sekaligus untuk membantu proses fotosintesis tanaman.

Taman dalam rumah dengan menghadirkan efek ilusi dari cermin

Jika Anda ingin taman terlihat luas walau luas yang sebenarnya terbatas, maka efek ilusi dari cermin bisa ditampilkan. Dengan ruang gerak yang terbatas, cermin bisa memberikan efek luas pada ruangan karena ilusi yang diberikan.

Selain memberikan ilusi taman lebih luas, cermin juga bersifat memantulkan cahaya sehingga ruangan semakin terlihat lenggang dan lebih terang. Anda dapat memberikan juga ornamen taman dan  tumbuh – tumbuhan untuk memberikan hasil akhir yang sempurna.

Itulah berbagai ide dekorasi taman dalam rumah minimalis yang sejuk untuk Anda praktekkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *