Model Tirai Bambu Untuk Menghalau Cahaya Matahari Langsung Masuk ke Dalam Rumah

Selain gorden, cara lain yang bisa diterapkan untuk menghalau cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah adalah dengan menggunakan tirai bambu. Model tirai bambu sendiri ada banyak variasinya yang bisa dipilih.

Tirai Bambu Dalam Rumah

Rumah yang biasanya menggunakan tirai bambu untuk pengganti gorden dan sebagai alat menghalau cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah adalah rumah dengan tema industrial atau vintage. Tirai bambu sebagai salah satu elemen penambah unsur vintagenya. Sebagai inspirasi model yang bisa diterapkan pada interior rumah Anda, berikut informasinya!

Model Tirai Bambu Untuk Rumah

Model tirai bambu gulung

Tirai bambu gulung

Model tirai bambu untuk rumah yang pertama direkomendasikan untuk Anda adalah model tirai bambu gulung. Model ini merupakan model tirai bambu yang sebenarnya paling mudah kita temukan dan paling umum.

Jadi, bambu dibelah – belah sampai tipis dan selayaknya tongkat kayu berdiameter kecil. Kemudian tongkat bambu tersebut disusun berjejer dan disatukan dengan cara diikat dengan menggunakan tali. Jarak antar ikatan tali sendiri dibuat sekitar 20 cm sampai dengan 30 cm agar posisinya tidak mudah bergeser.

Tongkat bambu tersebut memiliki berat yang sangat ringan. Dengan beratnya yang sangat ringan tersebut membuatnya bisa digulung dengan mudah secara manual. Tirai bambu ini biasanya ditempatkan di area teras rumah.

Tirai bambu model ini tersedia dalam beraneka ragam warna. Ada yang warnanya cokelat alami bambu, ada juga yang dicat dengan warna putih atau warna hitam. Variasi warna ini yang akan membuatnya cocok untuk rumah modern minimalis.

Model tirai bambu geser

Banyak orang yang kemudian bertanya – tanya apakah semua tirai bambu hanya bisa digulung ke atas untuk membukanya?

Ternyata tidak juga. Ada tirai bambu yang dapat dibuka dengan cara digeser seperti model gorden pada umumnya. Model tirai ini menggunakan material bambu yang sudah dibelah sampai sangat tipis. Kemudian dijahit dengan kain dan dibuat lipatan – lipatan kecil.

Model yang seperti ini sendiri bisa dimanfaatkan sebagai sheer curtain karena tipis dan juga sangat memungkinkan sinar matahari untuk dapat menerangi ruangan secara intens.

Model tirai bambu anyaman

Tirai bambu anyaman

Bambu memiliki sifat yang cenderung lentur. Sifatnya yang cenderung lentur tersebut bisa dianyam dengan mudah. Contohnya seperti tirai bambu anyaman ini. Tingkat kerapatan dari model tirai bambu anyaman sendiri cocok digunakan pada jendela kamar yang membutuhkan suatu privasi. Sinar matahari pun akan terhalau karena hampir tidak akan ada celah diantara masing – masing anyamannya.

Tirai bambu dengan anyaman tali

Tirai bambu akan semakin estetik ketika talinya diikatkan dengan pola tertentu. Cara yang paling sederhana adalah pola tiga ikatan. Ada juga yang talinya dikepang atau menggunakan dua warna kemudian diselang – seling.

Jika tali ikatannya dibuat dalam jarak berdekatan juga ada. Hasilnya tentu akan tampak seperti potongan kecil bambu yang disatukan. Detail tali pengikat sendiri memang kecil dan tidak terlihat dari jauh. Akan tetapi mampu memberikan nilai estetika tersendiri.

Model tirai kerai kayu atau kerai bambu

Tirai yang terbuat dari bahan bambu atau kayu merupakan jenis kerai yang paling umum untuk digunakan. Di Indonesia sendiri, penjual kerai kayu tidak sulit untuk ditemukan dan dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Tirai kerai kayu atau kerai bambu

Cocok dipasang di bagian sisi luar jendela kaca untuk menghalangi masuknya sinar matahari yang berpotensi membuat silau. Kerai kayu ini tentu sangat serasi dengan hadirnya taman dan bunga – bunga di sekitarnya.

Kerai ini juga dapat menjadi suatu elemen dekorasi untuk rumah dengan gaya tropis atau rumah dengan gaya country. Modelnya akan membuat kesan yang sangat menarik pada elemen dekorasi ini sebagai pelengkap sebuah rumah.

Model tirai bambu yang dipadukan dengan kain

Untuk tampilan yang jauh lebih modern, Anda bisa memadukan aneka ragam model tirai bambu dengan kain yang motifnya polos. Semisal tirai dari bambu dengan warna cokelat dan memiliki kain linen warna cream.

Anda juga bisa memadukan tirai bambu dengan warna cokelat tua dengan valance atau tirai kain di bagian atas yang warnanya biru. Valance sendiri berguna untuk menjadi penutup tiang tempat menggantung gorden jendelanya.

Bagi Anda yang ingin memberikan kesan menarik pada rumah dan menjadikan rumah tetap terlindungi dari cahaya matahari juga menghalau cahaya matahari yang langsung masuk ke dalam rumah, maka model tirai bambu tersebut dapat menjadi inspirasi Anda.

Selain model tirai bambu, sebagai tirai penghalau cahaya matahari, Anda juga bisa menggunakan model tirai yang terbuat dari kain. Anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *